RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Heran, Gelar Jumpa Pers, Manajemen RSUD Bangil Justru Tampakkan Arah Komunikasi Yang Buruk

Baca Juga

Lebel: RSUD Bangil

Manajemen saat jumpa pers

Pasuruan, Pojok Kiri
     Kasus matinya seorang pasien di RSUD Bangil yang diduga akibat kelalaian dokter karena tidak melakukan visite yang kemudian viral karena berlanjut pada perselisihan dan adu urat leher antara seorang anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Joko Cahyono dengan dokter poli penyakit dalam vidya Eka Damayanti disikapi serius oleh manajemen RSUD Bangil.
     Pemberitaan yang dalam beberapa hari terakhir mencuat, akhirnya memaksa manajemen RSUD Bangil menggelar jumpa pers.
     Kamis pagi (10/10) bertempat di ruang Bumi kantor manajemen RSUD Bangil, wartawan yang sebelumnya sudah diundang melalui pesan whatsapp datang dan siap mendengarkan apa saja hal yang akan disampaikan manajemen.
     Sebelum duduk di kursi yang disiapkan, di pintu masuk sudah ada petugas perempuan yang mempersilahkan wartawan untuk tanda tangan dua kali lalu diberi sebungkus kotak yang isinya dua kue tapi tidak ada minum di dalamnya.
    Pojok Kiri sempat terlambat datang karena ketiduran. Acara sudah jalan sekitar 20 menit, Pojok Kiri baru buka pintu dan dihadang untuk tanda tangan lalu diberi kotak yang isinya dua kue tanpa minuman itu.
     Terlihat di dalam ruangan bak sidang Paripurna itu ada wartawan yang jumlahnya lebih dari 10 orang.
    Saat duduk di kursi biru yang sudah di sediakan. Pojok Kiri lalu mengamati manajemen yang duduk di bangku depan bak pimpinan dewan saat sedang gelar rapat paripurna. Bangku depan warna merah itu berjumlah 4. Namun yang terisi hanya 3.
    Di sebelah kiri berdasarkan pandangan mata, ada seorang perempuan yang kemudian dikenalkan bernama Tri Siswati, Kepala Pengembangan. Lalu di tengah yang mendominasi pembicaraan dan sebagai juru bicara bernama M. Jundi yang mengenalkan diri selaku Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan. Terakhir sebelah kanan berdasarkan pandangan mata, ada pria yang dikenalkan bernama M. Hayat, disebut menjabat Humas RSUD Bangil.
    Ada tanda tanya dalam benak Pojok Kiri, kemana dokter Vidya Eka Damayanti yang notabene paling pas untuk menjelaskan kejadian sebenarnya.
    Pertanyaan itu sempat terlontar dari mulut Pojok Kiri, yang kemudian dijawab oleh M. Jundi bahwa dokter Vidya tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Kata M. Jundi, jika ditinggal maka penanganan pasien akan kelabakan.
    Mendengar jawaban itu, benak Pojok Kiri jadi bingung, ditinggal sarasehan beberapa hari saja tidak apa-apa, masak hanya nemui wartawan paling lama 1 jam ga bisa. Tapi ya sudah tidak usah didebat, karena alasan M. Jundi tidak masuk akal, percuma juga ditanyakan.
     Lepas dari itu, ada catatan fatal dalam jumpa pers yang dilakukan manajemem RSUD Bangil. M. Jundi dihadapan wartawan. Mereka bukannya meredam suasana, eh, malah memanaskan suasana.
    Kepada wartawan, M. Jundi membela anak buahnya, dengan mengatakan bahwa yang memulai pertikaian adalah Joko Cahyono karena menggebrak meja, menuding pakai tangan, bilang jancok dan menyebut dirinya anggota dewan.
     Tentu sah-sah saja membela anak buahnya. Namun cara komunikasi M. Jundi ini justu terlihat sangat buruk dan lebih mengedepankan emosi daripada pikiran yang jernih.
    Dalam hati Pojok Kiri bertanya -tanya, kenapa tidak lebih memilih menyampaikan sikap agar hal ini tidak dibesar-besarkan, apa yang terjadi merupakan sebuah kesalahpahaman tanpa harus saling menyalahkan. Tapi hal itu tidak usah diajari, tentunya M. Jundi lebih pintar.
     Akibat komunikasi yang buruk menajemen RSUD Bangil itu, akhirnya dibalas statemen keras Joko Cahyono bahwa M. Jundi menyampaikan 1000 persen kebohongan. Kasus berlanjut dengan agenda pemanggilan oleh DPRD, serta ada pengaduan ke Polres. Salahkah jika mengutip catatan Rocky Gerung jika ada 'Kedunguan' di manajemen RSUD Bangil? (Lis)




KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas