RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

OH May God....?!!!, Ada 1800 Perusahaan, Pemkab Pasuruan Hanya Punya 1 Pengawas Lingkungan

Baca Juga

Saat bincang- bincang bahas limbah perusahaan

Pasuruan, Pojok Kiri
     Tentunya kata 'amazing' pantas diucapkan ketika mengetahui fakta bahwa Kabupaten Pasuruan yang merupakan kawasan Industri dengan jumlah perusahaan sebanyak 1800 sebagaimana yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam acara ngopi bareng pegiat lingkungan beserta sejumlah elemen masyarakat Rabu malam (04/09) di rest area Bang Kodir Bangil ternyata hanya memiliki satu orang pengawas.
    Fakta mengejutkan ini terlontar dari salah satu staf DLH, Saikhu yang malam itu dipersilahkan oleh pimpinannya, yakni Indra sang Plt Kadis untuk menjawab tudingan masyarakat bahwa di internal DLH ada oknum pegawai yang main-main atau yang mencari keuntungan pribadi atas kasus kerusakan lingkungan akibat limbah perusahaan.
    Menurut Saikhu yang diamini Indra, DLH siap diproses secara hukum jika ditemukan ada oknum pegawai yang bermain dalam kasus limbah perusahaan.
     Tudingan yang mengarah adanya oknum pegawai DLH yang diduga bermain itu sempat terlontar dari Sugito seorang aktivis dari LSM Garda Pantura yang dikenal sangat focal.
     Dijelaskan Saikhu, kenapa banyak kasus limbah perusahaan yang hingga kini belum terselesaikan, semua karena pihak DLH lemah dalam hal pengawasan. Hal ini lantaran jumlah pengawas hanya satu orang.
     "Bayangkan, di Kabupaten Pasuruan ini ada sebanyak 1800 perusahaan, tetapi pengawas yang ada di DLH hanya satu orang, "ucap Saikhu diamini Indra yang Plt Kadis.
    Dalam bincang santai dengan tajuk ngopi bareng yang intinya membahas pencemaran Kali Werati, para audiens yang terdiri kalangan LSM pegiat lingkungan, GP Ansor, Muspika Beji dan Bangil, insan pers, Kades, tokoh masyarakat serta sejumlah elemen lain termasuk anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Muafi dan Najib Setiawan, 80 persen topik endingnya mengarah kepada DLH Kabupaten Pasuruan yang dianggap tidak becus dalam menangani persoalan kerusakan lingkungan akibat limbah perusahaan.
     DLH yang seolah menjadi bulan-bulanan akhirnya menjerit dan membuka fakta, ternyata pengawas lingkungan yang dimiliki hanya 1 orang dengan 1800 perusahaan yang ada. Oh may god. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas