Pergantian PLT Kadinsos Dengan PLT Salahi Aturan? Or Inkonsisten Kepala Daerah?

Baca Juga


Gunawan dan Kahasani



Pasuruan, Pojok Kiri
     Soal pergantian pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial ada sisi menarik untuk dilirik. Hal ini karena dalam surat perintah pelaksana tugas atas Khasani nomor 800/237/424.103/2019 yang menggantikan Gunawan, ada catatan akhir menyebut, Khasani diperintahkan untuk melaksanakan tugas sebagai pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial hingga dilantiknya pejabat difinitif.
     Redaksional "hingga dilantiknya pejabat difinitif" ini kemudian Pojok Kiri tanyakan ke Gunawan yang saat ini kembali fokus menjabat sekretaris Dinas Sosial. Pertanyaan Pojok Kiri mengarah, apakah ada kesamaan redaksional mengenai kalimat "hingga dilantiknya pejabat difinitif" pada perintah yang ia terima sebagai Plt Kadinsos saat itu.
    Pria yang dari kedisiplinan ilmu mengaku mendalami ilmu sosial ini kepada Pojok Kiri, Jum'at (19/07) menyebut, bawah untuk redaksionalnya sama. Sayangnya ia tidak mau menunjukkan surat perintah yang diakui ia terima pada 1 Maret 2018 tersebut.
     "Kalau bunyinya sama, perintah pelaksana tugas itu berlaku hingga dilantiknya pejabat difinitif, tapi sudahlah jangan persoalkan itu, apapun kebijakan pimpinan tetap saya jalankan, "ujar Gunawan.
     Jika memang redaksionalnya sama, bahwa perintah pelaksana tugas berlaku hingga dilantiknya pejabat difinitif, tentu perintah pelaksana tugas terhadap Khasani patut dipertanyakan. Menyalahi aturan atau tidak? Lalau kenapa kepala daerah tidak konsisten? Bukankah jelas, pergantian menunggu pejabat difinitif. Lalu kenapa Plt diganti dengan Plt?
     Memang ada perbedaan pada surat perintah yang mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan cap stempel basah tersebut. Dimana pada masa Gunawan, surat perintah ditandatangani Wakil Bupati Riang Kulup Prayuda mengatasnamakan Bupati Pasuruan, sedang Khasani ditandatangani Bupati Irsyad Yusuf sendiri. Lantas, apakah itu dasarnya sehingga Plt diganti dengan Plt.
     Terkait hal ini, Pojok Kiri belum mendapat konfirmasi dari Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan, Henis.
     Lepas dari itu, pada pemberitaan sebelumnya, dimana Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan, Henis menyebut bahwa digantinya Gunawan karena sudah terlalu lama menjabat Plt Kadinsos yakni selama 3 tahun dibantah oleh Gunawan sendiri.
    Menurut Gunawan, ia menjabat Plt Kadinsos hanya 1 tahun 4 bulan.
     "Berdasarkan PP 18 Tahun 2016, Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan mulai ada sejak 1 Januari 2017. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan saat itu Bapak Ir. H. Bambang Haryanto,  MM
Beliau menjabat sampai 29 Februari 2018. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018, saya diangkat menjadi Plt Ka Dinas Sosial hingga 14 Juli 2019. Sekarang hitung, 1 Maret 2018 hingga 14 Juli 2019 masak 3 tahun? Jika saya disebut menjabat Plt selama 3 tahun. Lalu sisanya apa saya menjabat di dunia jin, "tukas Gunawan. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas