Transparan Jujur Dan Adill Pemilu Di Kabupaten Pasuruan Menjadikan Situasi Damai dan Aman

Baca Juga

Foto bareng pasca penandatanganan formulir DB1

Pasuruan, Pojok Kiri
     Masyatakat Kabupaten Pasuruan kini sudah kembali beraktivitas seperti biasa pasca mengikuti jalannya pesta Demokrasi untuk menentukan Presiden dan wakil rakyat melalui giat pemilihan umum (Pemilu).
     Meski proses Pemilu masih berjalan untuk tahap penghitungan akhir di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, suasana di Kabupaten Pasuruan sendiri sudah landai tidak ada gejolak yang berarti.
      Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, M Nasrub dalam perbincangan dengan Pojok Kiri beberapa waktu lalu mengatakan, memang ada laporan-laporan yang terjadi saat proses Pemilu, akan tetapi semua sudah bisa diselesaikan dengan cepat.     Disinggung soal kinerja KPU Kabupaten Pasuruan, Nasrub melihat KPU telah menjalankan tugasnya dengan baik, adil, jujur dan transparan, serta mampu melaksanaan Pemilu di Kabupaten Pasuruan dengan baik.
Formulir DB1 yang sudah ditandatangani

      “Pelaksanaan perhitungan suara juga berjalan lancar, sesuai harapan masyarakat. Soal adanya beberapa kesalahan itu lebih bersifat administratif, dan sudah diperbaiki, "ujar Nasrub.
      KPU Kabupaten Pasuruan sendiri melalui salah satu komisioner, Winaryo Sujoko kepada Pojok Kiri, Rabu (08/05) menyampaikan, bahwa semua tahapan Pemilu untuk tingkat Kabupaten Pasuruan sudah selesai, hal ini setelah dilaluinya penghitungan akhir yang dilaksanakan pada 29 April hingga 01 Mei 2019 lalu dan semua saksi sudah menandatangani formulir DB1, yakni formulir hasil rekapitulasi suara per kabupaten.
     Saat inj lanjut Winaryo, Rekapitulasi untuk Kabupaten Pasuruan ditingkat KPU Jatim sudah selesai dan tidak ada perubahan.
      "Seperti yang sudah ditetapkan di tingkat KPU Kabupaten Pasuruan, jadi sudah selesai dan disahkan oleh KPU Jatim, "imbuh Winaryo.
     Sementara itu, Habib Zaenal, salah satu tokoh agama Di Kabupaten Pasuruan yang merupakan pengasuh Ponpes Darullughah Wadda'wah (Dalwah) saat ditanya jalannya Pemilu di Kabupaten Pasuruan menyampaikan apresiasi kepada KPU selaku penyelenggara Pemilu. Hanya saja ia sedikit memberikan koreksi agar KPU lebih bisa meningkatkan kinerjanya untuk dimasa yang akan datang.
     "Untuk sisi damai memang di Kabupaten Pasuruan sangat damai. Hanya saja pesan buat KPU dan Bawaslu agar ke depannya lebih ditingkatkan dari sisi jujur dan adilnya, termasuk peran sosialisasinya agar masyarakat lebih mengenal calon-calon yang dipilih, "tukas Habib Zainal.
     Terpisah, Caleg Gerindra yang juga tim sukses kubu 02, Rusdi Sutejo menganggap untuk proses Pemilu di Kabupaten Pasuruan sudah selesai dan berjalan damai.
     "Pemilu di Kabupaten Pasuruan sudah selesai, satnya kini kita kembali beraktivitas seperti biasa, "ujar Rusdi Sutejo.
     Meski situasi aman dan damai, Kapolres Pasuruan, AKBP Rizal Martomo mengaku tetap mengantisipasi situasi pasca penghitungan akhir.
     "Polres pasuruan tetap memberikan pengamanan yang maksimal di gedung KPU dengan menyiapkan personil dan memasang CCTV di setiap sudut gedung, termasuk melakukan pendekatan kepada seluruh elemen tokoh masyarakat, "tandasnya. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas