RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Tahun Ini Dinas Binamarga Fokus Benahi Jalan Wisata, Terdampak Tol Dan SPAM Umbulan

Baca Juga

Potret jalan yang rusak; inzet: Kadis Binamarga Hari Apriyanto

Pasuruan, Pojok Kiri
     Adanya proyek tol dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan telah membuat sejumlah jalan di Kabupaten Pasuruan mengalami kerusakan.
     Kondisi ini membuat banyak warga mengeluh karena mereka harus melalui jalan tak layak alias buruk dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari mereka.
     Catatan titik-titik jalan yang rusak akibat dua mega proyek itu meliputi kawasan Puntir-Nongkojajar, Winongan, Rejoso-Penataan, dan Pandaan-Randupitu.
     Di tahun 2019 ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Binamarga, Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto, Kamis (02/05) saat menghadiri acara Hari Pendidikan Nasional di kantor Raci, Bangil, jalan kabupaten yang rusak akibat dua proyek besar itu akan diprioritaskan perbaikannya.
     Hari sapaan akrabnya mengatakan, untuk melaksanakan perbaikan jalan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan sudah mendapatkan kucuran dana pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 45 miliyar.
     Jumlah itu menurut Hari akan digunakan untuk memprioritaskan perbaikan jalan di 5 titik jalan kabupaten yang 4 diantaranya masuk dalam catatan di atas.
     "Ada 5 titik jalan rusak akibat proyek tol dan Spam Umbulan akan kita perbaiki tahun ini, salah satunya jalan Puntir menuju Nongkojajar sepanjang 5 km, kita anggarkan sebesar Rp. 14 Miliyar. Sisanya kita ploting untuk jalan-jalan lain yang totalnya ada 5 titik, "kata Hari Apriyanto.
     Selain jalan yang rusak akibat Dua mega proyek tersebut, Hari juga mengatakan akan melakukan perbaikan terhadap jalan pariwisata.
     Kali ini menurut Hari, Pemkab Pasuruan mendapatkan dana hibah dari pemerintah pusat untuk perbaikan jalan pariwisata sebesar Rp. 31 milyar.
     "Kabupaten Pasuruan masuk dalam prioritas 10 destinasi wisata Indonesia yang dalam hal ini kawasan Bromo. Mengingat Bromo juga masuk wilayah Kabupaten Pasuruan, maka pemerintah pusat memberikan dana hibah untuk perbaikan jalan selain Probolinggo, Lumajang dan Malang, "kata Hari.
      Angka Rp 31 milyar itu terang Hari, akan difokuskan untuk perbaikan semua jalan menuju arah Bromo termasuk sirip-siripnya. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas