RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Pemilu Di Kabupaten Pasuruan Usai, Suasananya Kondusif, Tanpa Ada Gejolak

Baca Juga


Saat penghitungan akhir yang berjalan aman

Pasuruan, Pojok Kiri
     Proses pemilihan umum (Pemilu) mulai dari tahapan pencoblosan yang dilakukan pada 17 April 2019 hingga penghitungan akhir di tingkat KPU untuk wilayah Kabupaten Pasuruan sudah dilalui.
     Untuk KPU Kabupaten Pasuruan, penghitungan akhir dilakukan sejak Senin, 29 April hingga Rabu, 01 Mei 2019.
     Pada tahapan penting hitung akhir KPU Kabupaten Pasuruan ini, memang sedikit ada protes karena terjadi beberapa kesalahan input data. Namun semua protes itu dapat diselesaikan dalam forum tanpa ada gejolak keluar.
     Lepas dari itu, catatan Pojok Kiri, selama proses Pemilu berlangsung, tidak ditemukan gejolak berarti di kalangan masyarakat. Adanya gejolak di tingkat pusat terkait Pilpres tidak berpengaruh di wilayah Kabupaten Pasuruan.
     Kondisi yang begitu kondusif ini terlihat pasca penghitungan akhir yang dilakukan KPU, para komisioner yang selama 3 hari memelototi berkas suara akhirnya bisa tidur nyenyak tanpa harus menghadapi gejolak.
     "Alhamdulillah di Kabupaten Pasuruan Pemilu berjalan kondusif, aman, tidak ada gejolak yang berarti. Mulai proses pencoblosan di tingkat PPS hingga penghitungan akhir berjalan baik, tertib dan aman. Penghitungan akhir yang kami lakukan di Hotel Senyur, Prigen juga aman. Tidak ada pengamanan khusus yang kami minta, dan tidak ada gejolak. Bahkan semua saksi sudah menandatangani berita acara penghitungan, artinya semua sudah menerima hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Pasuruan. Saat ini usai penghitungan kami komisioner KPU sudah bisa tidur nyeyak, "ungkap Winaryo Sujoko, salah satu Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan, kepada Pojok Kiri, Kamis (02/05).
     Fakta kondusifitas ini juga terlihat di kantor KPU yang ada di Pogar Bangil, di tempat itu tidak ada pengamanan khusus yang dilakukan. Terlihat ada sejumlah tim Polri yang secara rutin bertugas menjaga. Pojok Kiri yang mendatangi kantor KPU, Kamis (02/05) tak melihat adanya aktivitas berarti dari para komisioner.
     Di kesempatan berbeda, Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Nasrub juga mengatakan hal sama. Menurutnya selama pengawasan yang dilakukan Bawaslu, tidak ditemukan gejolak yang berarti.
     "Soal temuan-temuan karena kesalahan administrasi memang ada. Tapi sesuai tahapan Pemilu, semua sudah dibenahi. Jadi kami merasakan, di Pemilu kali ini untuk wilayah Kabupaten Pasuruan sangat kondusif, "tukas Nasrub.
     Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu Caleg Gerindra yang juga tim sukses kubu 02, Rusdi Sutejo. Caleg yang memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Pasuruan ini menganggap untuk proses Pemilu di Kabupaten Pasuruan sudah selesai.
     "Sudah selesai, dari kami tim Prabowo-Sandi tidak ada arah untuk bergejolak, memang ada catatan perhitungan yang kami permasalahkan, itu sudah kami laporkan ke tim BPN Jatim dan pusat, "ucap Rusdi Sutejo.
     Terpisah, Kapolres Pasuruan, AKBP Rizal Martomo menandaskan, terkait penjaminan keamanan di KPU, selama proses Pemilu berlangsung, Polres Pasuruan telah menyiapkan pengamanan khusus dari anggota Polri yang terlibat dalam operasi Mantap Brata bersama TNI dan petugas pengamanan internal KPU.
     "Sejak pra Pemilu hingga pasca Pemilu, kita terus siap siaga mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Sejauh ini kita melihat situasi aman, "tandas Kapolres.
     Meski demikian lanjut Kapolres, untuk mengantisipasi situasi keamanan pasca penghitungan akhir, Polres pasuruan tetap memberikan pengamanan yang maksimal di gedung KPU dengan menyiapkan personil dan memasang CCTV di setiap sudut gedung. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas