Lebaran Idul Fitri, Pegawai Pemerintah Hanya Diberi Cuti Selama 3 Hari

Baca Juga

Surat pengumuman pemberitahuan cuti bersama dan hari libur Nasional Idul Fitri 1440 Hijriyah

Pasuruan, Pojok Kiri
     Libur perayaan Idul Fitri tahun ini dirasa begitu pendek bagi sebagian pegawai pemerintah. Demikian juga di Kabupaten Pasuruan.
     Senin (27/05), Pemerintah Kabupaten Pasuruan, telah menerbitkan surat pengumuman pemberitahuan cuti bersama dan hari libur Nasional Idul Fitri 1440 Hijriyah Tahun 2019 Nomor 800/ 702 I424. 103/2019 yang intinya untuk cuti bersama para pegawai pemerintah hanya diberi waktu selama 3 hari saja.
     Surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah, Agus Sutiadji atas nama Bupati Pasuruan itu menyebut, cuti bersama yang diberikan hanya pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019. Untuk libur Nasional Hari Raya Idul Fritri ditetapkan jatuh pada tanggal 5 dan 6 Juni.
     Atas penetapan cuti bersama yang mengacu pada pemerintah pusat ini, pegawai Pemkab Pasuruan akan tetap masuk pada Jum'at 31 Mei 2019. Sebelumnya mereka akan libur pada tanggal 30 Mei karena tercatat tanggal merah perayaan kenaikan Isa Almasih.
     Kemudian dalam pengumuman itu, pada Hari Sabtu, 1 Juni 2019 yang harusnya masuk hari libur umum, para pegawai pemerintah juga tetap harus masuk guna mengikuti upacara Hari Lahirnya Pancasila.
     Bagi para pegawai di lingkungan pemerintah, upacara ini dinyatakan wajib sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 850/4242/SJ tanggal 24 Mei 2019.
     Sementara itu, dalam pengumuman tersebut juga dinyatakan, bahwa pemerintah daerah agar tidak memberikan tambahan cuti di luar cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, kecuali dengan alasan penting seperti berobat karena sakit, ada keluarga meninggal dunia atau menikah.
     Selain itu, dalam pengumuman itu juga disampaikan, bagi Instansi pemerintah yang bertugas membenkan pelayanan Iangsung kepada masyarakat, harus ada penugasan pegawai saat pelaksanaan libur agar masyarakat tetap mendapat pelayanan.
    Kemudian pada tanggal 10 Juni 2019, para pegawai pemerintah wajib masuk kerja kembali. Jika ada yang mangkir tanpa alasan yang jelas, sangsi keras akan diberlakukan.
     Terkait libur yang panjang yang pada dasarnya pendek ini, muncul beragam tanggapan dari pegawai pemerintah.
     Sebagian ada yang menganggap cutinya terlalu sedikit dan libur terlalu mepet, sehingga bagi yang mudik jauh akan sulit membagi waktu, ada juga yang justru senang libur tidak terlalu lama dengan alasan biar tidak menghamburkan uang. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas