Produksi Pertanian Jagung Naik 20 Persen, Pemkab Pasuruan Digelontor Bantuan Bibit Untuk 8 Ribu Hektar Lahan

Baca Juga

Pertanian jagung (Foto simbolik by google)

Pasuruan, Pojok Kiri
      Kemampuan Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan menaikkan produktifitas tanaman jagung yang mencapai 20 persen pada tahun 2018 lalu berbuah perhatian dari pemerintah pusat.
      Melalui Kementerian Pertanian (Kementan), di tahun 2019 ini Permkab Pasuruan, khususnya para petani yang menggeluti usaha tanam jagung akan mendapatkan bantuan berupa bibit Hibrida yang jumlahnya sangat besar.
      Kadis Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ir. Ikhwan kepada Pojok Kiri, Kamis (25/04) menerangkan, untuk Kabupaten Pasuruan, Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur akan menggelontorkan bantuan berupa bibit jagung untuk kebutuhan 8 ribu hektar.
      Jika dihitung banyaknya, untuk setiap hektar yang mencapai 10 hingga 15 kilo gram bibit, maka jumlah bibit bantuan yang akan diterima mencapai 120 ton.
      "Pemerintah pusat dalam hal ini melalui Kementerian Pertanian sangat peduli dengan adanya peningkatan produktivitas tanaman jagung. Di Kabupaten Pasuruan, pada tahun 2018 lalu tercatat ada peningkatan produksi mencapai 20 persen dari tahun sebelumnya. Atas keberhasilan ini, pada tahun 2019 kali ini, Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu daerah yang digelontor bantuan bibit jagung cukup besar, "terang Ikhwan.
      Peningkatan produktivitas jagung yang mencapai 20 persen ini lanjut Ikhwan, dikarenakan ada tambahan lahan dari pihak Perhutani yang disiapkan untuk program perhutanan sosial.
     Program ini berupa pemanfaatan lahan hutan untuk menanam jenis tanaman pertanian salah satunya jagung.
     "Program itu telah kita laksanakan di Kabupaten Pasuruan dan berhasil. Dengan bantuan bibit yang digelontor oleh Pemerintah Pusat ini, kita akan coba melebarkan lahan, dengan harapan kembali ada peningkatan produksi, "ucap Ikhwan.
     Bantuan itu sendiri menurut Ikhwan akan langsung berupa barang. Dana pengadaannya merupakan dana pusat yang diambil dari APBN. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas