Kejari Kabupaten Pasuruan Musnahkan BB Hasil Kejahatan Senilai Rp. 2 Milyar

Baca Juga

Pemusnahan BB dengan cara dibakar

Pasuruan, Pojok Kiri
     Berbagai macam barang bukti (BB) hasil kejahatan yang perkaranya sudah dinyatakan berkekuatan hukum tetap (incraht), terhitung akhir tahun 2018 hingga awal tahun 2019, Rabu (10/04) dimusnahkan oleh lembaga eksekutor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan. BB itu meliputi sabu-sabu, ganja, pil koplo, rokok ilegal, HP dan miras.
    Catatan jumlahnya sebagaimana disampaikan Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Hasil Rampasan Kejari Kabupaten Pasuruan, Trian Yuli Diarsa, untuk ganja sebanyak 7.314 gram, sabu-sabu 237,56 gram, pil koplo atau double L sebanyak 16.569 butir; alat hisab sabu sebanyak 6 buah, handphone sebanyak 71 buah dan rokok tanpa cukai sebanyak 3.699.920 batang, serta miras sebanyak 1.424 botol.
     "Barang bukti yang kami musnahkan itu merupakan kumpulan dari 128 perkara. Di mana, empat perkara diantaranya merupakan perkara seksi tindak pidana khusus. Sedang 124 perkara lainnya merupakan perkara Pidum, "ujar Trian panggilan akrabnya.
     "Total nilai BB hasil kejahatan yang kami musnahkan hari ini lebih dari Rp 2 miliar, "imbuh Trian.
BB miras yang dimusnahkan menggunakan alat berat

     Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan, HM. Noor HK, SH, MH menegaskan, pemusnahan yang dilakukan merupakan bagian dari tugas kejaksaan sebagai lembaga eksekutor. Menurutnya agar barang bukti hasil kejahatan tersebut tidak ada yang menyalahgunakan.
     Dalam acara pemusnahan itu, pihak Kejari Kabupaten Pasuruan tidak melakukan sendiri, sejumlah instansi terkait diundang untuk bersama-sama melakukan pemusnahannya. Diantaranya dari pihak kepolisian, pengadilan, bea cukai, BNN dan pihak Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan).
     "Undangan terhadap sejumlah instansi ini sengaja kami lakukan agar kegiatan ini disaksikan. Intinya agar diketahui bahwa kami benar-benar melakukan pemusnahan. Sebab kami ini dalam kapasitas sebagai eksekutor, merekalah yang bertindak melakukan penangkapan dan penyitaan barang bukti, "ucap Kajari.
     Teknis pemusnahannya, untuk ganja, rokok, pil koplo dan beberapa barang bukti lain termasuk HP dilakukan dengan cara dibakar. Sementara untuk miras dilakukan dengan cara dilindas menggunakan alat berat. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas