Kasus Hukum Kades Pelintahan, Sanusi Belum Tuntas, Bayang-Bayang Penjara Masih Menghantui

Baca Juga

Kades Pelintahan, Sanusi

Pasuruan, Pojok Kiri
     Kasus hukum yang menjerat Kepala Desa (Kades) Pelintahan, Sanusi karena tidak memberikan informasi yang diminta warga sejauh ini seolah selesai tanpa tahu bagaimana kelanjutannya.
     Namun, Pojok Kiri yang mendatangi Temas dan Hendi JPU Kejari Kabupaten Pasuruan yang menangani perkara ini, Kamis (04/04) membuka cerita baru, bahwa untuk perkara dengan terdakwa Sanusi masih proses lanjut ke pengadilan tingkat 2, yakni Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur karena Sanusi mengajukan banding.
     "Setelah dibacakan putusan pada 11 Maret 2019 lalu oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Bangil, pada 19 Maret atau selang 10 hari, pihak Sanusi mengirimkan memori banding, artinya dia melakukan perlawanan karena tidak terima dengan putusan hakim, "ujar Temas dibenarkan Hendi.
     Catatan yang didapat Pojok Kiri, dalam perkara yang menjerat Sanusi, pasal yang secara hukum dilawan adalah Pasal 52 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) Nomor 14 Tahun 2008.
     Dalam hal ini, Sanusi dilaporkan karena tidak mau memberikan informasi yang diminta oleh warga.
     Oleh jaksa, pada 13 Februari 2019, Sanusi dituntut 5 bulan kurungan dan denda Rp. 4 juta, subsidair 2 hulan kurungan. Kemudian pada 11 Maret 2019, oleh majelis hakim Sri Sulastri, Sanusi diputus 3 bulan kurungan, dan denda Rp. 3 juta, subsidair 1 bulan kurungan. Atas putusan ini, Sanusi menempuh langkah Banding.
     Jaksa tidak diam, langkah Sanusi yang mengajukan banding diikuti dengan mengirim kontra banding.
     Kondisi ini tentu saja membuat Sanusi dalam bayang-bayang yang lebih menakutkan. Sebab dalam proses banding, akan terjadi 3 kemungkinan. Pertama Sanusi tidak terbukti bersalah dan bebas, Ke Dua, hukumannya berkurang atau lebih ringan, yang ke Tiga, hukuman bisa lebih tinggi.
     Terkait langkah jaksa ini, Sanusi yang dihubungi Pojok Kiri mengaku pasrah.
     "Saya sudah tanda tangan banding, selebihnya pasrah saja, "ucap Sanusi. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas