Carikan Pasar, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Pertemukan Pelaku Usaha Kecil Bidang Perikanan Dengan Pengusaha Besar

Baca Juga

Saat giat temu usaha berlangsung

Pasuruan, Pojok Kiri
      Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor perikanan, Kamis (11/04) Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengundang seluruh pelaku usaha perikanan di Kabupaten Pasuruan, mulai dari pengusaha perikanan konsumsi seperti UKM/IKM pengelola hasil perikanan, nelayan dan lain-lain, serta pelaku perikanan non konsumsi seperti budidaya ikan hias, pengrajin souvenir hasil perikanan dan lain-lain.
      Selain mengundang para pelaku usaha ini, pihak Dinas Perikanan juga mengundang beberapa pengusaha besar atau yang sudah berpengalaman di bidang perikanan seperti Sudarmaji pengurus Asosiasi Pedagang Antar Pulau (APAP) di Jawa Timur, Khotib, salah satu pengusaha Rajungan asal Nguling, serta beberapa pengusaha besar lain.
     Pertemuan para pelaku usaha perikanan lokal yang kebanyakan masih tergolong kecil dengan pengusaha besar ini dilakukan Dinas Perikanan dalam acara temu usaha yang bertajuk Kegiatan Pengembangan Kemitraan Usaha Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan.
     Acara yang dimulai sejak puul 09.30 WIB itu berlangsung dengan suasana yang begitu hidup. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari pelaku usaha kecil, mulai dari bagaimana trik memasarkan yang baik, hingga harapan para pengusaha kecil ini bisa memasarkan hasil usahanya ke pedagang besar tersebut.
     Catatan menariknya, dari semua pengusaha besar yang hadir, menurut mereka berjualanlah barang atau hasil usaha yang sesuai dengan kebutuhan atau yang diinginkan pembeli.
Kadis Perikanan bersama para pengusaha besar

     "Kalau saya kan usaha rajungan, jadi berapa saja rajungan siap saya tampung, silahkan yang punya usaha rajungan, jual barangnya ke saya, "ujar Khotib.
     Sementara itu, Kadis Perikanan Kabupaten Pasuruan, Slamet Noerhandoyo didampingi Kabid Usaha Perikanan, Soegeng Soebijanto menerangkan, bahwa petemuan antara pengusaha perikanan kecil dengan pengusaha besar ini merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk mencarikan pasar.
     "Selama ini yang jadi titik persoalan pelaku usaha adalah pemasarannya. Untuk kepentingan itu, kami selaku kepanjangan tangan dari Bupati Pasuruan melakukan upaya dengan mempertemukan pengusaha besar yang notabene adalah pembeli dengan pelaku usaha perikanan lokal yang masih skala kecil. Jadi kapasitas kami adalah memfasilitasi, "terang Slamet.
     Di kesempatan sama, salah satu peserta kegiatan, Siti Khotimah asal Rejoso yang memiliki usaha makanan bahan dasar ikan, terasi, kerupuk, minuman mangrof dan lain-lain yang tergabung dalam kelompok Mina Lestari Fais mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan temu usaha seperti ini.
     "Paling tidak kita ada koneksi dengan pengusaha besar yang mau menjadi pembeli, soal barang apa saja yang bisa diterima pengusaha itu, di sinilah yang akan memotifasi kami untuk mengupayakannya, "ujarnya. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas