RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Kini Bisa Di Indomaret

Baca Juga

Adpel Samsat Bangil Sama'i saat meninjau pembayaran pajak kendaraan di Indomaret

Pasuruan, Pojok Kiri
     Membayar pajak sudah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat, salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor.
     Namun selama ini ada yang beranggapan, untuk membayar pajak harus melalui proses birokrasi yang ribet, termasuk antri yang lama. Sehingga banyak wajib pajak malas untuk membayar pajak. Benarkah anggapan itu?
     Jika anggapan itu muncul 5 tahun lalu, mungkin saja benar. Akan tetapi saat ini dengan era digital yang mendominasi, proses pembayaran pajak sudah tidak lagi ribet dan memakan waktu lama akibat antri.
     Khusus untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor wilayah Jawa Timur, sudah banyak inovasi yang dilaksanakan, mulai dari pembayaran pajak sistim drive thru, pembayaran langsung melalui bank yang ditunjuk, seperti Bank Jatim, Mandiri dan BRI, serta pembayaran melalui PT. Pos.
SMS yang diterima usai membayar di Indomaret

     Tak puas hanya melalui itu, kini pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim melalui Badan Pendapatan Daerah kembali membuat inovasi demi lebih memudahkan para wajib pajak saat melaksanakan pembayaran pajak. Inovasi itu berupa kerjasama dengan Indomaret sebagai mitra untuk menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor.
     Administrator pelaksana (Adpel) Samsat Bangil, Sama'i selaku kepanjangan dari Badan Pendapatan Daerah Pemprov Jatim kepada Pojok Kiri, Jum'at (12/04) memaparkan, kerjasama antara Badan Pendapatan dengan Indomaret tekait penerimaan pembayaran pajak ini sudah dilounching pada 8 April 2019 lau.
     "Setelah dilounching pada 8 April lalu, kini warga bisa membayar pajak kendaraan bermotornya melalui Indomaret. Jadi untuk membayar pajak kendaraan sudah semakin mudah, "ujar Sama'i.
     Untuk cara membayarnya sendiri secara teknis menurut Sama'i, wajib pajak saat datang ke Indomaret harus mambawa STNK untuk dicatat Nomor Polisi dan nomor mesin, kemudian membawa KTP yang berlaku, dan menyertakan nomor telepon.
Notice yang muncul yang bisa diprint sendiri

     "Setelah membayar, nanti akan ada SMS ke nomor telepon dari Samsat Jatim. Di SMS itu akan tertera nilai uang yang dibayarkan, kemudian muncul nomor IDSAH, lalu dibawahnya akan ada link warna biru untuk diklik, setelah link terbuka, masukkan nomor IDSAH, maka akan muncul notice pembayaran pajaknya, "papar Sama'i.
     Setelah muncul notice pembayaran pajak lanjut Sama'i, wajib pajak bisa ngeprint sendiri notice tersebut tanpa harus mengambil di kantor Samsat. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas