BKD Kabupaten Pasuruan Laksanakan Penyuluhan dan Pembagian SPPT PBB-P2 Tahun 2019

Baca Juga

Saat pelaksanaan penyuluhan

Pasuruan, Pojok Kiri
      Terhitung sejak Rabu, 07 Februari 2019 hingga Selasa,12 Februari 2019,  Pemerintah Kabupaten Pasuruan  melalui Badan Keuangan Daerah (BKD)  melaksanakan giat penyuluhan dan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dengan nilai pajak sampai Rp 500 ribu.
      Mokhammad Syafi'i, Kabid Pendataan, Penetapan, dan Pelaporan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan kepada Pojok Kiri Rabu (06/02) mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan penyuluhan adalah sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya di sektor pajak dan retribusi daerah.
      Kegiatan yang dijadwalkan selama Satu minggu ini dilaksanakan di 8 lokasi berbeda, yakni Kecamatan Pandaan, Purwosari, Puspo, Grati, Bangil, Kejayan, Gondangwetan, dan Winongan.
      Di masing-masing kecamatan, BKD mengundang seluruh kepala desa dan kelurahan dari kecamatan terdekat. Seperti yang terlihat pada pelaksanaan Rabu (06/02) di Kecamatan Bangil, BKD melaksanakan penyuluhan terhadap masyarakat Bangil, Beji dan Kecamatan Rembang. Di kecamatan lain juga sama, BKD mengundang perwakilan kepala desa dari 3 atau 4 kecamatan terdekat.
       Syafi’i menandaskan, peran kepala desa atau lurah sangat penting, yakni sebagai ujung tombak dan lini terdepan bagi para aparat atau pejabat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk dapat mendistribusikan SPPT PBB-P2.
      "Kita berharap para kepala desa mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya membayar PBB-P2 sebelum jatuh tempo, "tandasnya.
       Sementara itu catatan target penerimaan PBB-P2 di tahun 2019 ini sebagaimana diterangkan Syafi'i, Rabu, (06/02) ada peningkatan sebesar Rp. 2 milyar, dari target tahun 2018 sebesar Rp. 66 milyar menjadi Rp. 68 milyar.
      Angka kenaikan ini jelas Syafi'i merujuk pada jumlah wajib pajak yang bertambah, dimana pada tahun 2018 sebanyak 738. 250 wajib pajak, di tahun 2019 ini bertambah menjadi 739. 138. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas