RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Agar Tanah Tak Tergerus, BPBD Tutup Plengsangan Di Tugusari Yang Ambrol Dengan Terpal

Baca Juga

Plengsengan di Tugusari, Kalianyar yang ditutup terpal

Pasuruan, Pojok Kiri
     Plengsangan Tugusari, Kalianyar yang ambrol Minggu sore (03/02) sekira pukul 16.30 WIB langsung direspon cepat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan.
     Kepada Pojok Kiri, Senin (04/02), Kepala BPBD Bhakti Jati Permana mengaku telah medatangi lokasi kejadian petang harinya, Minggu (03/02) sekira pukul 17. 30 WIB.
     "Kami tim BPBD sore kemarin sudah mendatangi lokasi kajadian, kami langsung melaporkan ke BBWS saat itu juga termasuk melapor ke pimpinan. Lokasi sungai ambrolnya plengsengan ini masuk wewenang BBWS untuk perbaikan permanennya, "terang Bhakti.
     Namun lanjut Bhakti, dari pihak pemerintah daerah, khususnya BPBD sambil menunggu perbaikan plengsengan secara permanen oleh BBWS, untuk sisi daruratnya tetap menjadi kewajibannya untuk menangani.
     Dalam hal ini menurut Bhakti, untuk penutupan secara darurat ada dua teknis yang bisa dilakukan, yakni menutup dengan sak atau ditutup bronjong.
     "Kalau sak kita tinggal tutup bisa, tapi kalau menggunakan bronjong, warga harus merelakan tanahnya sepanjang 5 meter untuk kebutuhan teknisnya, "tukas Bhakti.
     Lepas dari dua teknis darurat penutupan itu, petang kemarin (03/02), untuk mencegah tergerusnya tanah dari terjangan air saat ini, pihak BPBD telah menutup plengsengan yang ambrol itu dengan terpal.
      "Ambrolnya plengsengan ini karena memang posisinya adalah terjangan air. Kuat dugaan karena di bagian bawah terkikis air, "ucap Bhakti.
     Sementara itu, untuk usia plengsengan itu sendiri diketahui masih berumur 2 tahunan. Hal ini seperti dikatakan Bhakti, bahwa plengsengan itu dibangun tahun 2016. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas