RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Penyaluran Bantuan Dapat Pujian BPKP, Begini Cerita Kadis Pertanian Kabupaten Pasuruan

Baca Juga

Kadis Pertanian, Ikhwan

Pasuruan, Pojok Kiri
      Dalam catatan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur, untuk Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan pada pemeriksaan November 2018 lalu menuai pujian. Bahkan pemeriksaan yang diagendakan selama 2 hari, hanya dilaksanakan selama 1 hari saja. Hal ini lantaran hasil pemeriksaan dalam 1 hari dianggap cukup, karena tidak ditemukan catatan buruk pada administrasi yang dikelola oleh Dinas Pertanian.
      Catatan positif ini terlontar dari Kadis Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ikhwan saat ditemui Pojok Kiri, Selasa (22/01).
     "Oleh BPKP, Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan saat ini dijadikan percontohan, khususnya dalam hal penyaluran bantuan. Menurutnya, sistim penyaluran bantuan hibah ke petani di Dinas kami dianggap bagus. Bahkan salah satu anggota tim BPKP sempat ngiri karena di daerah ia tinggal, sistim penyaluran bantuannya tak sebagus tempat kami, "tukas Ikhwan.
       Bocoran dari Ikhwan, pujian dari BPKP itu lantaran ia selalu berhati-hati dalam mengelola keuangan, khususnya yang bersifat bantuan hibah terhadap petani.
     Dicontohkan Ikhwan, untuk semisal pemberian bantuan pompa air, sebelum bantuan diberikan, pihaknya akan memastikan bantuan itu benar-benar diperlukan dan akan digunakan. Caranya, terang Ikhwan, ia akan meminta kepada pihak petani melalui kelompok tani untuk mengebor dulu secara swadaya, baru diberikan pompanya.
      "Intinya bantuan yang kita berikan itu benar-benar difungsikan. Jangan sampai ada kasus bantuan diberikan ternyata mangkrak. Ini yang kami jaga agar tidak terjadi, "ujarnya.
      Ia menambahkan, untuk penyaluran bantuannya sendiri adalah berdasarkan permintaan sesuai kebutuhan petani. Artinya terang Ikhwan, Pihaknya tidak akan memberikan bantuan yang sifatnya hanya untuk membuang anggaran tanpa ada permintaan terlebih dahulu dari petani.
      'Untuk bantuan dari dana APBD maupun bantuan pusat kami berlakukan sama. Kalau tidak ada yang meminta, kami tidak akan menawarkan diri. Jadi dalam hal penyaluran bantuan ini sangat kami pastikan tepat dan tidak sia-sia, "ucap Ikhwan.
       Di 2019 ini, ikhwan mengaku akan tetap memberlakukan sama untuk penyaluran bantuan hibah terhadap petani, yakni sesuai permintaan dan dipastikan sesuai kebutuhan. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas