RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Dapat Hibah Pusat Rp. 32 Milyar, Jalan Wisata Nongkojajar-Bromo Segera Diperbagus

Baca Juga

Jalan Nongkojajar-Bromo

Pasuruan, Pojok Kiri
      Tahun 2019 ini, Pemkab Pasuruan mendapat jatah dari pemerintah pusat berupa dana senilai Rp. 32 milyar dari Program Hibah Jalan Daerah (PHJD). Rencananya dana hibah yang cukup besar itu akan dialokasikan untuk perbaikan jalan wisata di kawasan Nongkojajar hingga Bromo.
      Hari Aprianto, Kepala Dinas (Kadis) Binamarga Kabupaten Pasuruan kepada Pojok Kiri, Rabu (16/01) menuturkan, dengan dana senilai Rp. 32 milyar dari hibah APBN itu nantinya akan digunakan untuk perbaikan jalan Nongkojajar-Bromo yang jaraknya mencapai 15 km.
      Untuk ruas perbaikannya lanjut Hari, selain ruas utama, nantinya perbaikan juga dilakukan terhadap sirip-sirip jalan yang ada di kawasan itu.
      "Jalan yang kita perbaiki nantinya mulai dari Nongkojajar hingga Bromo yang masuk perbatasan Malang. Secara teknis, bagian tepi kita lakukan cor, dan kita buatkan gorong-gorong, "terang Hari.
      Ada catatan menarik seperti disampaikan Hari, untuk pekerjaan dari dana hibah ini nanti, pihaknya akan mencari kontraktor yang benar-benar memiliki kwalitas bagus, kontraktor yang bonafit. Sebab kata Hari, dalam penganggaran proyeknya nanti dana hibah itu akan dikucur setelah meilhat hasil pekerjaannya terlebih dahulu.
     "Misalnya ada pekerjaan yang sudah selesai dengan catatan senilai Rp. 500 juta, dari pihak kami (Pemkab Pasuruan, red) akan menyampaikan ke pusat. Lalu pihak pusat akan turun dan menilai hasil pekerjaan itu. Jika dari penilaian dan hitunganya ternyata hanya ketemu Rp. 400 juta, maka hanya itu yang dibayar, oleh larenanya kami tidak mau proyek ini digarap oleh kontraktor yang tidak berkwalitas, "ucapnya.
      Dapat dijelaskan, untuk proyek Rp. 32 milyar ini, Pemkab Pasuruan mendanai dulu melalui APBD dan akan diganti oleh Pemerintah pusat melalui APBN.
      Untuk diketahui, di 2019 ini Pemerintah pusat meluncurkan dua program hibah untuk meningkatkan kinerja dan pemeliharaan jalan daerah. Dua program hibah tersebut yakni Program Hibah Jalan Daerah dan Provincial Road Improvement and Maintenance (PRIM).
     Beruntung, Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu daerah yang mendapatan program tersebut melalui program hibah jalan daerah. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas