Ribuan Masyarakat Ramaikan Resepsi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia

Baca Juga

Ribuan masyarakat saat ikuti jalan sehat

Pasuruan, Pojok Kiri
     Di ujung tahun 2018 ini, tepatnya pada Rabu (19/12). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan menggelar resepsi peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Se Dunia. Kegiatan ini digelar di kawasan lapangan pacuan kuda, Kelurahan Leduk, Kecamatan Prigen.
     Pada giat yang merupakan puncak acara HLH tersebut, ribuan masyarakat yang terdiri masyarakat umum, kalangan pelajar, Aparatur Sipil Negara (ASN), Ormas, pegiat lingkungan hidup, dunia usaha, kelompok PKK, kalangan pemuda dan lain-lain tumpah ruah memenuhi lapangan yang sehari-hari digunakan untuk latihan kuda itu.
    Acara yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB diisi dengan jalan sehat bersama, penampilan lomba kreasi busana daur ulang, penanaman pohon konservasi, serta pemberian penghargaan bagi juara lomba yang sudah digelar oleh DLH.
Lomba kreasi daur ulang sampah plastik

     Asisten 2, Perekonomian dan Pembangunan, Suharto dalam sambutannya kapasitas sebagai ketua panitia menuturkan, selama peringatan HLH ini, ada sejumah rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DLH yang dimulai September 2018.
    Beberapa kegiatan itu adalah, Grebek Sungai yang dilaksanakan pada 30 September di lokasi Sungai Kebonsari atau Sungai Werati di Desa Legok dan Gempol. Dalam kegiatan itu, peserta yang terdiri 1100 orang mampu mengangkat 1, 5 ton sampah.
    Kemudian kegiatan yang ke Dua adalah lomba ruang terbuka hijau (RTH) bagi dunia usaha atau kegiatan. Lomba ini diikuti oleh 66 perusahaan yang ada di sepanjang jalan Gempol-Purwosari dan Purwosari-Kejayan.
Bupati lalukan penanaman pohon

     Lalu lomba mural graffiti. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 Desember 2018 dengan media dinding Yayasan Dalwa, Raci. Pesertanya dari kalangan pelajar dan umum.
     Kegiatan selanjutnya adalah lomba kreasi busana daur ulang. Lomba ini digelar pada puncak HLH yang diikuti 40 busana dan peragawan/peragawati.
    Sementara itu, sebelum puncak acara HLH digelar, sejak tanggal 17 hingga 19 Desember, di kawasan lapangan pacuan kuda Leduk sudah digelar lomba kemah hijau. Kegiatan ini diikuti 36 sekolah Adiwiyata.
    Terakhir yang juga sebagai puncak HLH, yang dalam hal ini langsung dilaksanakan oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, seluruh masyarakat termasuk para pengusaha diajak menanam pohon. Kegiatan ini merupakan konservasi air. Pohon yang ditanam adalah jenis pohon buah.
    Di kesempatan sama, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dalam sambutannya menekankan pada tema kegiatan yakni “Beat Plastic Pollution“ atau Kendalikan Sampah Plastik. Dengan tema ini, Bupati mengajak masyarakat untuk lebih sadar dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan lebih-lebih ke sungai. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas