Debit Sungai Sudah Tinggi, Kades Kedungringin Kerahkan Warga Hanyutkan Enceng Gondok

Baca Juga

Saat pembersihan dilakukan

Pasuruan, Pojok Kiri
      Warga Kedungringin kini sedikit lega. Pasalnya, debit air sungai Werati yang sudah tinggi telah menjadi solusi untuk dapat membersihkan enceng gondok yang selama ini menyumbat aliran air.
     Sejak Rabu (19/12) Kades Kedungringin, Vicky telah memanfaatkan tingginya debit air sungai untuk menerjunkan sebanyak 20 warganya untuk menghanyutkan enceng gondok.
    Sabtu (22/12) pembersihan Sungai Werati terus dilalukan. Pojok Kiri yang datang ke lokasi melihat warga yang berupaya membersihkan dengan kayu dan sebagian terjun ke sungai.
      Kepala Desa (Kades) Kedungringin, Vicky yang juga ikut terjun kepada Pojok Kiri mengatakan, untuk warga yang diterjunkan dibagi dalam beberapa tim. Masing-masing tim terdiri dua hingga tiga orang diplot di beberapa ruas sungai yang berpotensi sebagai penyumbat utama, seperti bendungan atau belokan sungai.
      Sifat pengerahan warga ini menurut Vicky adalah padat karya, warga diberi honor Rp. 60 ribu untuk membersihkan sungai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB atau terhitung setengah hari.
Kondisi sungai yang sedikit lega setelah enceng gondok dihanyutkan

      "Dengan pengerahan sebanyak 20 orang ini, kita mampu membersihkan sepanjang 100 hingga 150  meter dalam satu harinya. Sekarang aliran air mulai lega, karena sebagian enceng gondok sudah mampu kita hanyutkan, "kata Vicky.
     Target pembersihan sungai ini menurut Vicky adalah sepanjang 4 km. Dengan ruas dari ujung Dusun Balungrejo hingga Pasar Gondanglegi di Cangkringmalang.
     Sementara itu, untuk pembiayaan kegiatan ini menurut Vicky, dananya didapat dari bantuan perusahaan, dan bantuan pihak lain yang tidak mengikat. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas