RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

BPBD Siap Hadapi Bencana!!!

Baca Juga

Saat apel pasukan penanggulangan bencana dilakukan

Pasuruan, Pojok Kiri
     Sudah menjadi rutinitas setiap tahun, saat musim hujan tiba, bayang-bayang bencana banjir dan longsor sudah ada di depan mata. Untuk itu, Pemkab Pasuruan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jauh hari sebelum masa-masa memprihatinkan itu tiba telah mempersiapka pasukan penyelamat dan armadanya, termasuk pola koordinasi antar instansi.
    Rabu (05/12), Pemkab Pasuruan dengan koordinator kegiatan BPBD melakukan langkah antisipasi penanganan bencana itu dengan menggelar apel persiapan pasukan penanggulangan bencana, sekaligus memerkan berbagai alat dan armada yang siap digunakan saat bencana benar-benar terjadi.
     Bertempat di halaman Bangkodir, Bangil, BPBD bersama sejumlah instansi yang terkait dalam membantu penanganan bencana hadir untuk menunjukkan kekuatan armada serta pasukannya di hadapan sejumlah tamu undangan.
     Hadir dalam kesempatan itu anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Pasurua, antara lain Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Kapolres, AKBP Rizal Martomo, Kajari Kabupaten Pasuruan diwakili Kasi Pidsus Denny Syaputra, serta Sri Sukastri, Ketua PN Bangil.
    Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana selaku ketua tim penanggulangan bencana mengatakan, kegiatan apel ini merupakan langkah antisipatif dalam penanganan dan penanggulangan bencana.
     "Apel ini bentuk persamaan sikap untuk lebih pada penanggulangan pra bencana, seperti membangun jaringan komunikasi dan koordinasi dengan banyak pihak terkait, serta bersama-sama melakukan pemetaan daerah rawan bencana, termasuk membangun sistem peringatan dini, "kata Bakti.
    Catatan yang disampaikan Bakti, di Kabupaten Pasuruan ada 9 kecamatan yang masuk daerah rawan banjir, Yakni, Gempol, Beji, Bangil, Kraton, Pohjentrek, Rejoso, Grati, Winongan dan Nguling. Sementara untuk daerah rawan longsor disebutkan ada di 10 wilayah kecamatan.
     Dalam mengantisipasi bencana itu, Bakti mengaku sudah menyiapkan 5 alat berat berupa 3 excavator dari PU Bina Marga, dan 2 alat berat jenis wheel loader milik BPBD.
     "Untuk perlengkapan lain seperti perahu karet dan alat-alat lain, kami juga sudah menggandeng dan berkordinasi dengan sejumlah elemen, seperti PU Bina Marga, Satpol PP, Satpolair Polres Pasuruan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, termasuk koordinasi dengan seluruh kecamatan, "ujar Bakti. (Isb/lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas