BBI Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Hasilkan Koi Berkualitas, Di Ajang Kontes Internasional Mampu Sabet Juara

Baca Juga

Koi sang juara

Pasuruan, Pojok Kiri
     UPT Balai Benih Ikan (BBI) milik Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan di Penataan, Winongan yang mempunyai tupoksi menghasilkan benih-benih ikan unggul terus berupaya untuk menghasilkan benih ikan yang berkualitas baik.
     Tak hanya benih jenis ikan konsumsi, seperti Nila, tetapi jenis ikan hias seperti Koi juga dikembangbiakkan, hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Slamet Norhandoyo, bertujuan agar dapat menghasilkan ikan Koi breeding asli dari Kabupaten Pasuruan.
     Kepada Pojok Kiri, Rabu (19/12), Slamet Norhandoyo mengatakan, dengan bermodalkan induk Koi lokal dan impor, sejak tahun 2016, UPT BBI Penataan telah melakukan produksi Koi secara kontinyu dan melakukan tahapan seleksi yang ketat untuk menghasilkan Koi yang berkualitas dan layak mengikuti kontes atau festival (Show Quality).
     Adapun jenis yang sudah dihasilkan oleh BBI milik Dinas Perikanan antara lain, Koi jenis Tancho, Kohaku, Showa dan Shiro Utsuri. Semuanya berkualitas bagus.
     Menurut Slamet, Koi breeding Kabupaten Pasuruan ini sudah melang-lang buana di sejumlah ajang kontes. Ajang adu kualitas koi yang pertama diikuti yaitu pada even Pasuruan National Contest 2018. Koi Kabupaten Pasuruan berhasil menyabet Juara II dengan kategori Tancho 14 cm. Selanjutnya pada even kontes lokal Pasuruan Koi Expo 2018, ikan Koi hasil breeding BBI berhasil meraih Juara III dengan kategori Tancho 17 cm.
      Pada puncak even kontes Koi skala Internasional yang dikemas dalam agenda rutin dalam iven Nusantara Aquatic (Nusatic) 2018, yang merupakan even kontes ikan hias terbesar dengan peserta banyak dari luar negeri yang diselengarakan oleh Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI) dan PT Aquatic yang didukung Kementerian Kemaritiman dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, di ICE BSD Tangerang pada 31 Nopember hingga 2 Desember 2018 lalu, tim Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan berhasil meraih Juara III dengan kategori Tancho 17 cm.
     "Ikan Koi yang juara itu merupakan Ikan Koi koleksi UPT BBI Penataan. Sehingga bisa dikatakan bahwa Koi Kabupaten Pasuruan sangat berkualitas dan mampu bersaing dengan koi dari daerah lain, "ujar Slamet Norhandoyo. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas