RUNNING NEWS :
Loading...
Cari Kami di Google

Terima Duit Hanya Rp 20 Juta Saat Di OTT, Kades Lebakrejo Kini Kena Tuntutan 4 Tahun Penjara Dan Denda Rp. 50 Juta

Baca Juga

Kades Bitono Saat Dijemput Di Rutan Bangil

Pasuruan, Pojok Kiri
     Gonggo Bitono, Kepala Desa Lebakrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan tentu sangat menyesali perbuatannya. Pasalnya, ia yang kena operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Saber Pungli Polres Pasuruan pada Senin (21/5) dengan bukti uang hanya Rp. 20 juta, kini harus menerima tuntutan yang tinggi dari jaksa penuntut umum (JPU) dari Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kabupaten Pasuruan.
     Pada sidang tuntutan yang digelar oleh Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (26/11), Gonggo Bitono dituntut 4 tahun penjara dan denda Rp. 50 juta subsudair 6 bulan kurungan.
    Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Pasuruan, Denny Saputra kepada Pojok Kiri mengatakan, dalam perkara ini Kades Gonggo Bitono terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 11 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 junto Undang-Undang 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.
Kades Bitono Saat Sidang

     "Kami tidak ada kompromi untuk pelaku tindak pidana korupsi. Apalagi hal itu dilakukan secara nyata, serta dengan sengaja melanggar hukum, "ujar Denny Syaputra.
     Untuk diingat kembali, masuknya Gonggo Bitono Kepala Desa Lebakrejo, Kecamatan Purwodadi dalam jerat pidana korupsi ini lantaran ia tertangkap tangan oleh tim saber pungli Polres Pasuruan saat menerima uang pungli Rp. 20 juta dari warga yang mengurus Akte Jual Beli (AJB) pada 21 Mei 2018 lalu.
     Info yang beredar saat itu, Kades meminta fee 10% atas pengurusan AJB dari total penjualan tanah beserta rumah sebesar Rp. 200 juta. Saat itu Kades meminta uang Rp. 25 juta dan disanggupi oleh pembeli yakni Ponadi warga Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari.
    Pada transaksi penyerahan uang pungli, Ponadi menyerahkan uang sebesar Rp. 20 juta dan sisanya Rp. 5 juta akan diberikan jika AJB telah selesai. Saat menerima uang itu, petugas menangkap Gongo Bitono. (Lis)

KRIMINAL
PEMERINTAHAN
BIROKRASI
HUKUM
WISATA
SENI
BUDAYA

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas