Nelayan Kabupaten Pasuruan Segera Gunakan Mesin Berbahan Bakar Gas

Baca Juga

Saat sosialisasi dilakukan

Pasuruan, Pojok Kiri
     Para nelayan di Kabupaten Pasuruan yang tersebar di 6 Kecamatan, meliputi Beji, Bangil, Kraton, Rejoso, Lekok dan Nguling segera berganti terkait bahan bakar mesin yang digunakan untuk melaut. Jika sebelumnya mereka menggunakan bahan bakar minyak (BBM), kini pemerintah menggantinya dengan bahan bakar gas (BBG).
    Untuk keperluan penggantian atau konversi BBM ke BBG ini, di Kabupaten Pasuruan pada tahun 2018 kali ini akan meluncurkan sebanyak 631 paket mesin yang berupa bantuan 2 tabung LPG dengan berat 3 Kilogram, Konverter kit dan baling-baling penggerak motor.
     Rencana konversi BBM ke BBG ini disampaikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan melalui sosialisasi yang dilakukan Selasa (06/11) di Rumah makan Kebon Pring, Kota Pasuruan.
    Adapun tujuan konversi ini menurut Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pasuruan, Ir. Slamet Norhandoyo sebagai solusi penggunaan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan.
     "Adanya bahan bakar Gas diharapkan juga turut serta menyelamatkan lingkungan dengan menekan emisi gas karbon monoksida atau gas buang, "kata Slamet.
     Selain itu lanjut Slamet, dengan menggubakan BBG, akan menghemat biaya nelayan dengan kisaran 30 hingga 40 persen dari sebelumnya menggunakan BBM.
    Melalui sosialisasi tersebut, Slamet berharap para nelayan nantinya lebih paham akan penggunaan alat yang diberikan.
     Sementara itu, untuk kriteria nelayan yang akan menerima bantuan mesin perahu berbahan bakar Gas adalah nelayan atau pemilik kapal kecil dengan ukuran mesin  5 GT. Mesin yang digunakan masih menggubakan BBM atau belum dirubah, dengab daya mesin lebih kecil dari 13 HP.
     Hadir dalam sosialisasi Selasa (06/11) Asisten II, M. Soeharto, Perwakilan dari Pertamina dan perwakilan Dirjen Migas. (Isb/lis)


 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas