Diserbu Ribuan Pelanggar Lalin, Kejari Kabupaten Pasuruan Buka Layanan Tilang Hingga Pukul 24.00 WIB

Baca Juga

Petugas bagian tilang sedang melayani warga yang membayar denda tilang

Pasuruan, Pojok Kiri
     Ribuan masyarakat sejak Jum'at pagi (16/11) berjubel memadati halaman Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan. Saking banyaknya warga, pihak Kejari bahkan mendirikan tenda demi kenyamanan mereka yang sedanh antre.
     Ribuan warga tersebut bukan untuk melakukan aksi demo. Akan tetapi mereka adalah para pelanggar lalu lintas yang hendak membayar denda dan mengambil barang bukti pelanggaran lalu lintas yakni STNK dan SIM.
    Normadi Elfajr, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Kabupaten Pasuruan saat dikonfirmasi Pojok Kiri mengatakan, surat tilang dan fisik barang bukti yang diterima pihak kejaksaan hingga Jum'at (16/11) sebanyak 2512.
    Banyaknya pelanggar yang hendak membayar denda tilang tersebut menurut Normadi adalah efek dari operasi zebra yang dilaksanakan oleh pihak Polri sepanjang 14 hari belakangan.
     "Kami menargetkan seluruh pelanggar bisa mengambil SIM atau STNKnya hari ini. Untuk itu, petugas kami wajibkan lembur walau sampai malam hari, "ucap Normadi.
     Dari jumlah 2512 pelanggar tersebut, 80 persen adalah para pengendara sepeda motor (R2), 10 persen mobil pribadi, 5 persen mobil angkutan barang dan MPU, dan 5 persen kendaraan besar jenis truk tronton.
    Sementara itu, denda yang harus dibayar mulai dari Rp.50ribu hingga Rp.150ribu. Besaran denda tilang itu menurut Normadi, sebelumnya telah diputuskan oleh pihak Pengadilan Negeri Bangil.
     Terpisah, salah satu staf seksi Pidana Umum bagian tilang, yakni Darwis Muhammad mengatakan, jika sesuai petunjuk dan arahan Kasi Pidum, seluruhnya harus selesai dalam 1 hari ini.
     "Untuk itu kami membuka layanan pembayaran denda tilang mulai pukul 07. 00 WIB dan diperkirakan akan selesai tengah malam nanti. Kegiatan seperti ini sudah sering kami alami, setiap berakhirnya operasi tertib lalu lintas diantaranya operasi patuh, simpatik dan zebra. Seperti tahun sebelumnya, kami melayani warga hingga pukul 23.00 WIB. Walaupun kami bekerja hingga tengah malam, kami lalukan bersama tim secara ikhlas dan sebagai bentuk pelayanan prima pada masyarakat, "ungkapnya.
     Dari pantuan Pojok Kiri, sejak pukul 07. 00 WIB, layanan dibuka masyarakat sudah berjubel. Petugas bagian tilang pun memberikan nomer antrian pada para pelanggar dan oleh petugas dipanggil setiap 10 orang (nomer antrian, red) untuk membayar denda tilang. (nto)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas