SMAN 1 Bangil Juarai Lomba Promo Wisata Tingkat Dunia

Baca Juga

Kenangan, Saat penerimaan penghargaan di Bangkok

Pasuruan, Pojok Kiri
    Nama Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bangil terus membawa harum Kabupaten Pasuruan. Pasalnya, banyak prestasi yang dicapai oleh SMAN 1 Bangil baik tingkat Lokal, Regional, maupun Nasional, termasuk juga Internasional.
    Baru-baru ini, tepatnya pada 9 hingga 12 Oktober 2018, SMAN 1 Bangil kembali membawa harum nama Kabupaten Pasuruan. Sejumlah siswa SMAN 1 Bangil diundang oleh 'World Didac', yakni sebuah lembaga tempat berkumpulnya para ahli seluruh dunia dalam bidang pengembangan ekonomi dan pendidikan untuk melakukan presentasi hasil lomba promo wisata yang dijuarai oleh SMAN 1 Bangil.
     Kegiatan presentasi yang sangat bergengsi ini dilakukan di sebuah tempat kawasan Bangkok, Thailand. Hadir dalam giat itu sebanyak 130 negara termasuk Indonesia yang diwakili oleh SMAN 1 Bangil.

     Kenapa SMAN Bangil diundang dalam presentasi itu?
     Pada Bulan Mei hingga Juni 2018 lalu, tim dari siswa siswi SMAN 1 Bangil mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh perkumpulan Mentri Pendidikan se Asia yang bernama 'Seameo'. Lomba ini diikuti oleh lembaga pendidikan tingkat SMA dan perguruan tinggi sebanyak 5 negara termasuk Indonesia, dalam hal ini SMAN 1 Bangil.
     Dalam lomba ini, tim SMAN 1 Bangil mengirimkan hasil karya berupa video dan booklet, yakni materi pendukung berupa naskah yang menceritakan semua proses pengambilan video, editing dan lain-lain. Pengirimannya sendiri dilakukan secara online, yang kemudian muncul pemenang diumumkan pada Oktober 2018, SMAN 1 Bangil mendapat prestasi juara 2. Atas prestasi itu, kemudian oleh 'World Didac' SMAN 1 Bangil diundang untuk melakukan presentasi disaksikan sebanyak 130 negara.

     Apa yang disajikan oleh tim SMAN 1 Bangil sehingga mampu memikat juri dan membawa nama Kabupaten Pasuruan ke tingkat dunia?
      Eka Dini sang sekenario yang juga berperan sebagai pemain utama, siswi kelas KBC (kelas percepatan,red), Ilham Bagus Prasityo sang sutradara kelas 12 MIPA VII, Aden Royan sang pemain dan editing kelas 12 MIPA IV dan Muhammad Roni sang pemain dan tim booklet saat diwawancara Pojok Kiri di SMAN 1 Bangil, Rabu (24/10) menjelaskan, untuk lomba yang diikuti mereka mengambil tema 'Promosi Wisata' dengan 3 aspek, yakni budaya, sejarah dan alam.

    Guna menunjang tema wisata itu, 4 tim handal SMAN 1 Bangil ini menampilkan sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Pasuruan, meliputi Candi Belahan (Candi Tetek, red) Gempol, Candi Jawi Pandaan, Candi Gununggangsir Beji, Banyu Biru Winongan, Air Terjun Kalek Bodo Prigen, Kaliandra Prigen, Kebun Raya Purwodadi, Taman Safari Prigen, Kebun Krisan Tosari, Desa Organik Tosari, Masjid Changhoo Pandaan, dan Bromo Tosari.
    Para pembina, yakni Siska Clara, S. Sos, Dra. Rr. Ani Herinia W, termasuk kru film, Hisyam guru IT dan Mukhlis staf yang berperan sebagai figuran saat mendampingi wawancara siswa siswi mengatakan, prestasi yang dicapai siswa siswi SMN 1 Bangil ini juga berkat kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan.

    Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Bangil, Dwi Cahyosetiyono, S.Pd, M.Si berharap apa yang sudah dilakukan sekolahnya dengan promo wisata ke dunia akan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Kabupaten Pasuruan. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas