Resmi!!! LSM Laporkan Kades Karangasem Ke Kejaksaan *Ditengara Ada 3 Proyek Fiktif

Baca Juga

Hanan, Koordinator Forkom LSM saat serahkan berkas ke Kasi Pidsus

Pasuruan, Pojok Kiri
    LSM marah!!! Inilah yang terjadi. Mereka yang memiliki jiwa persaudaraan sangat kuat tak terima melihat salah satu rekannya masuk penjara gara-gara laporan seorang Kepala Desa yang nyata-nyata menurut mereka juga tidak bersih.
     Pasca penangkapan Khusairi, salah satu anggota LSM di Pasuruan oleh polisi atas laporan Toyib, Kades Karangasem, Wonorejo pada 27 September lalu terus membuat suhu di kalangan LSM Pasuruan memanas. Pasalnya, nama LSM tercoreng dan LSM seolah pada posisi yang paling bersalah. Hal ini membuat LSM bersatu untuk mengungkap adanya sumber masalah utamanya, yakni adanya penyelewengan anggaran di Desa Karangasem itu sendiri.
    Fakta adanya pemberian uang oleh Kades Karangasem terhadap Khusairi sebagaimana dilangsir banyak media membuktikan, bahwa Kades Toyib memang takut kasus penyelewengan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2017 dibongkar atau dilaporkan ke penegak hukum. Logikanya, jika tidak bersalah kenapa harus takut dan memberi uang tutup mulut.
    Menindaklanjuti masalah ini, Selasa (02/10) lalu, sejumlah LSM terdiri LSM, Penjara Indonesia, LSM Garda Pantura, LSM Suropati, LSM GMBI, LSM KPK Nusantara, LSM LPK Pasopati, LSM M Bara dan LSM Laskar Merah Putih yang semuanya tergabung dalam Forum Komunikasi LSM (Forkom LSM) Kabupaten Kota Pasuruan turun ke Desa Karangasem guna melakukan pengamatan pada penggunaan Dana Desanya.
Kades Karangasem, Toyib

    Puncaknya, Kamis (11/10) Forkom LSM dengan dikawal ratusan pendukung datang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan untuk melaporkan berbagai dugaan penyimpangan proyek yang menggunakan uang negara berupa Dana Desa (DD) yang ada di Desa Karangasem, Wonorejo.
    Hanan Ketua DPD Jatim LSM Penjara Indonesia selaku koordinator Forkom mengaku, kedatangannya ke Kejari Kabupaten Pasuruan dengan membawa pendukung dalam jumlah banyak tidak lain untuk memberikan dukungan kepada kejaksaan dalam menangani kasus dugaan penyalahgunaan anggaran yang ada di Desa Karangasem.
    Di kesempatan itu, Hanan menegaskan, pihak yang menurutnya paling bertanggungjawab atas penggunaan Dana Desa adalah Kepala Desanya yang bernama Toyib.
    "Kedatangan kami ini untuk melaporkan Kades Karangasem, Toyib atas dugaan penyalahgunaan Dana Desa. Kami sudah siapkan berkas laporan setebal 32 halaman, isinya terkait temuan kami di lapangan,  setelah kami lakukan investigasi dalam beberapa hari terakhir, "tukas Hanan.
    Hanan yang juga didampingi Warda, pengurus DPC Pasuruan LSM Penjara menjelaskan, ada 16 titik kegiatan proyek yang diamati Forkom LSM di 4 dusun yang ada di Desa Karangasem, meliputi Dusun Krajan, Triwung, Kutaan, dan Tegalan.
     "Dari pengamatan kami itu, hampir semua kegiatan fisik dibangun tanpa menggunakan pondasi, kemudian ada 9 titik yg diduga mengurangi volume, lalu paling fatal, ada 3 titik yang diduga fiktif, "Jelas Hanan.
     Di Kejari Kabupaten Pasuruan, Hanan dan tim Forkom LSM ditemui Kasi Pidsus, Denny Saputra yang hari itu bertindak sebagai pelaksana harian Kajari karena Kajari sedang ada giat di Kejaksaan Tinggi Jatim, mereka juga ditemui oleh Kasi Intel, I Wajan Oja Miasta.
    Dalam pertemuan itu, Hanan disaksikan tim Forkom LSM lalu menyerahkan berkas laporannya yang diterima langsung oleh Kasi Pidsus, Denny Saputra. Dalam hal ini, Kasi Pidsus mengaku segara mempelajari laporan ini.
    "Sesuai dengan Alur Lapdumas (Laporan Pengaduan Masyarakat) kami akan berikan jawaban. Apakah ada unsur pidana korupsi atau masuk pelanggaran administrasi. Nanti kami secara bersama-sama melihat faktanya, "ujar Kasi Pidsus, Denny Saputra.
    Sayangnya, Pojok Kiri yang berupaya mengkonfirmasi Kades Karangasem, Toyib tidak direspon, nomor phonselnya di +6285102645xxx saat dihubungi Pojok Kiri Kamis (11/10) sekira pukul 18.00 WIB terdengar nada masuk tapi tidak diangkat. (Lis)

 
PT POJOK KIRI MEDIA
© 2007 - 2018 Pojokkiri.co
All right reserved
Alamat Redaksi :
Jl Gayungsari Timur No.35
Surabaya,Jawa Timur
Pedoman
Redaksi
Peta situs
Terms & Conditions
Atas